Thursday, November 29, 2012

Aku Suka Kuning, Kalau Kamu?

Pelangi-pelangi, alangkah indahmu
Merah, kuning, hijau, di langit yang biru
Pelukismu agung, siapa gerangan?
Pelangi, pelangi
Ciptaan Tuhan
Masih ingatkah kita dengan lagu ciptaan AT Mahmud di atas? Tentunya kita semua pernah mendengarnya. Yuph, lagu yang mengingatkan kita alangkah indahnya pelangi. Bagaimana tidak, hanya dengan kombinasi warna merah, kuning, hijau di langit yang biru meneduhkan hati setiap orang yang melihatnya. Sungguh kombinasi warna yang luar biasa.

Berbicara soal kombinasi warna pelangi, sebetulnya warna mana yang paling bagus? Adakah warna yang satu lebih baik daripada yang lain?
Kita pun tentu sering mendengar bahwa masing-masing warna mempunyai arti masing-masing. Seperti warna merah, sebagian orang mengartikannya berani, sebagian lagi mengartikannya dominan. Seperti warna kuning, sebagian orang mengartikannya ceriah, sebagian lagi mengartikannya norak. Dan begitu juga dengan warna-warna lainnya yang diartikan masing-masing.
Dalam kehidupan kita, warna digunakan sesuai keperluan. Seperti di rumah sakit, mayoritas warna putih yang dipilih karena warna putih menciptakan kesan steril dan meredakan nyeri. Jika kita melayat kerabat, pasti kita memilih mayoritas warna hitam atau gelap sebagai tanda turut berkabung.
Walaupun ada warna tertentu yang paling cocok untuk kebutuhan tertentu, tetap saja kita tidak dapat menyimpulkan warna mana yang paling bagus. Yang ada hanya warna apa yang paling kita sukai. Dari warna-warna yang ada, ada yang menyukai warna  kuning, ada yang menyukai warna merah, ada yang menyukai hijau, dan lain-lainnya.
Begitu juga dengan kita khususnya insan BPS, sebagian dari kita menyukai kesenian, sebagian menyukai olah raga, sebagian menyukai fotografi, dan lain-lain. Dan tentunya sama seperti warna-warna tadi, tidak ada kesukaan yang lebih baik daripada kesukaan yang lain. Yang ada hanya mana kesukaan yang sesuai dengan keperluan kita.
Lalu apakah kita hanya sebatas penyuka? Bagaimana kalau kita melangkah lebih dalam lagi dengan mulai mencoba berkarya. Sehingga kita dapat memberikan warna kita. Seperti halnya pelangi tadi, kombinasi warna yang kita berikan tentunya akan membentuk “pelangi BPS” yang indah. Jadi tunggu apalagi, segeralah berkarya. Aku suka kuning, kalau Kamu?
Teruslah berkarya, BRAVO BPS.
Salam PIA
Balige, 10 November 2012

No comments:

Post a Comment